the analysis information technology service management

bahasa indonesia

  • Arika Yuliana PRIMAKARA UNIVERSITY
Keywords: cobit 5, itsm, transfer knowledge, support operation

Abstract

: Menggambarkan masalah yang terjadi dalam layanan IT di PT. Pelindo III, baik dari segi internal maunpun external. Beberapa masalah yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman sistem dan transfer knowledge yang tidak maksimal saat terjadinya perubahan, keterlambatan dalam penyelesaian layanan IT karena beban kerja yang tinggi, komunikasi yang kurang efektif antara pihak internal maupun eksternal dalam menginformasikan pemberitahuan sistem, serta faktor-faktor lain seperti kurangnya transfer knowledge kepada pengguna, keterbatasan personal yang menangani sistem, dan kurangnya informasi yang diberikan oleh pengguna internal terhadap penguna eksternal terkait permaslahan yang tersampaikan. PT Pelindo III telah menetapkan SLA (Service Level Agreement) atau penyelesaian sesuai dengan kategori permasalahan, dan permasalahan tersebut di informasikan kepada pengguna eksternal beserta cara penyelesaiannya agar dapat dihindari dimasa depan atau dapat diselesaikan oleh pengguna itu sendiri. Untuk meningkatkan tata Kelola layanan IT, penulis menyatakan perlunya dilakukan audit sistem informasi menggunakan framework COBIT 5. Framework ini digunakan untuk mengukur dan menilai tata Kelola dan manajemen TI di suatu instnsi atau organisasi. Dalam penelitian ini, penulisi akan menganalisis Information Technology Service Management (ITSM) dalam operasi dukungan menggunakan framework COBIT 5.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

kumpulan jurnal dan buku
Published
2023-09-29
Section
Articles