PENERAPAN KECERDASAN BUATAN (AI) BERBASIS COPILOT MELALUI TEKNIK KOLASE PADA DESAIN ILUSTRASI

Indonesia

  • dharma prasetya irawan universitas primakara
  • I Gede Wirya Mahendra Nandanawana Putra
Keywords: Ilustrasi, Artificial intelegent (AI), Kolase, Kolaborasi, Industri kreatif

Abstract

Perkembangan ilustrasi berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam industri kreatif telah memberikan dampak signifikan, membuka peluang baru bagi desainer untuk menciptakan karya visual dengan cara yang lebih efisien dan inovatif. Keunggulan AI dalam menganalisis dan menghasilkan gambar membuat proses kreatif menjadi lebih cepat dan variatif. Seiring dengan berkembangnya teknologi ini, penulis tertarik untuk mengembangkan kolaborasi antara teknik kolase pada AI dan desain ilustrasi. Penelitian ini menarik karena berfokus pada potensi sinergi antara kreativitas manusia dan kecanggihan teknologi, yang dapat menghasilkan karya visual yang lebih kompleks, harmonis, dan estetik. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baru dalam dunia desain grafis, serta membuka jalan bagi eksplorasi kreatif yang lebih luas di industri kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artikel Jurnal
[1] Aulianshah, K. A. (2023). Tinjauan dan Respons Kreatif terhadap Penggunaan AI dalam Ilustrasi Media Promosi dan Dampak yang Ditimbulkannya. In Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta (IKJ) (Vol. 2, pp. 395-411).
[2] Budi, H. P., Sasany, N. D., & Fu’adin, A. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Kampanye Politik Terhadap Art Illustrator. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(4), 46-56.
[3] Herlijanto, A. A. (2024). Dinamika Perubahan Industri Kreatif di Era Artificial Intelligence. Prosiding Semnaskom-Unram, 6(1), 218-225.
[4] Malau, Melinda, et al. "Perkembangan Artificial Intelligence dan Tantangan Generasi Muda di Era Super Digitalized." IKRA-ITH ABDIMAS 8.1 (2024): 251-257.
[5] Mustofa, Z., Arifatuzzahro, A., Wahyuni, R. D., & Mukminin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Artificial Intellegence Pada Kehidupan Masyarakat Di Indonesia. Lisyabab: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(1), 106-116.
[6] Prihartanto, T. H., & Halimawan, J. I. (2024). Pixai: Aplikasi Berbasis Generative Ai Sebagai Alat Untuk Desain Karakter Yang Efisien. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 7(3), 463-472.
[7] Rachmawati, I., Rosyid, D. F., Parman, S., Solihah, Y. A., & Putra, G. M. (2024). Penerapan Artificial Intelligence pada Media Desain Grafis Menggunakan Analisis Interpretasi Edmund Feldman. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 14(1), 66-78.
[8] Rahmahafida, N. I., & Sinaga, W. B. (2022). Analisis Problematika Lukisan Ciptaan Artificial Intelligence Menurut Undang-Undang Hak Cipta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 9688-9696.
[9] Ridayanti, I., & Meidawaty, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Tarbiyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 27-44.
[10] Yakub, I., Rahman, N., & Armin, M. A. (2024). Analisis Makna Narasi dan Ilustrasi dari Perspektif Gender pada Buku Tematik Terpadu Siswa Kelas I Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Cakrawala Indonesia, 9(1), 19-38.

Monograp, Buku
[11] Alfian, T. (2023). Sejarah Desain Grafis Barat. UNISNU PRESS.
[12] Andhita, Pundra Rengga, S. Sos, and M. I. Kom. Komunikasi Visual. Vol. 1. Zahira Media Publisher, 2021.
[13] Ifadhila, I., Rukmana, A. Y., Erwin, E., Ratnaningrum, L. P. R. A., Aprilia, M., Setiawan, R., ... & Setiawan, H. (2024). Pemasaran Digital di Era Society 5.0: Transformasi Bisnis di Dunia Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
[14] Priyono, D., Putra, I. N. A. S., Sutarwiyasa, I. K., Rizaq, M. C., Setiawan, I. N. A. F., & Jayanegara, I. N. (2023). Desain Komunikasi Visudal Dalam Era Teknologi: Peran Teknologi Terhadap Perkembangan Dkv. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
[15] Rachmad, Yoesoep Edhie, et al. Buku Ajar Manajemen Desain Komunikasi Visual (DKV). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
Published
2025-02-21
How to Cite
irawan, dharma prasetya, & I Gede Wirya Mahendra Nandanawana Putra. (2025). PENERAPAN KECERDASAN BUATAN (AI) BERBASIS COPILOT MELALUI TEKNIK KOLASE PADA DESAIN ILUSTRASI: Indonesia. Smart Techno (Smart Technology, Informatics and Technopreneurship), 7(1), 14-22. https://doi.org/10.59356/smart-techno.v7i1.147
Section
Articles