The Analysis Information Technology Service Management
Bahasa Indonesia
Abstract
: Menggambarkan masalah yang terjadi dalam layanan IT di PT. Pelindo III, baik dari segi internal maunpun external. Beberapa masalah yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman sistem dan transfer knowledge yang tidak maksimal saat terjadinya perubahan, keterlambatan dalam penyelesaian layanan IT karena beban kerja yang tinggi, komunikasi yang kurang efektif antara pihak internal maupun eksternal dalam menginformasikan pemberitahuan sistem, serta faktor-faktor lain seperti kurangnya transfer knowledge kepada pengguna, keterbatasan personal yang menangani sistem, dan kurangnya informasi yang diberikan oleh pengguna internal terhadap penguna eksternal terkait permaslahan yang tersampaikan. PT Pelindo III telah menetapkan SLA (Service Level Agreement) atau penyelesaian sesuai dengan kategori permasalahan, dan permasalahan tersebut di informasikan kepada pengguna eksternal beserta cara penyelesaiannya agar dapat dihindari dimasa depan atau dapat diselesaikan oleh pengguna itu sendiri. Untuk meningkatkan tata Kelola layanan IT, penulis menyatakan perlunya dilakukan audit sistem informasi menggunakan framework COBIT 5. Framework ini digunakan untuk mengukur dan menilai tata Kelola dan manajemen TI di suatu instnsi atau organisasi. Dalam penelitian ini, penulisi akan menganalisis Information Technology Service Management (ITSM) dalam operasi dukungan menggunakan framework COBIT 5.
Downloads
References
Copyright (c) 2023 Arika Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with the Smart Techno agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)